INSIDEN KEAMANAN JARINGAN

Insiden keamanan jaringan adalah suatu aktivitas terhadap suatu jaringan komputer yang memberikan dampak terhadap keamanan sistem yang secara langsung atau tidak bertentangan dengan security policy sistem tersebut. Secara garis besar, insiden dapat diklasifikasikan menjadi: probe, scan, account compromize, root compromize, packet sniffer, denial of service, exploitation of trust, malicious code, dan infrastructure attacks. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis insiden tersebut.
  1. Probe
  2. Scan
  3. Account Compromise
  4. Root Compromise
  5. Packet Sniffer
  6. Denial Of Service (Dos)
  7. Eksploitasi Terhadap Kepercayaan
  8. Malicious Code


1. Probe

Sebuah probe dapat dikenali dari adanya usaha-usaha yang tidak lazim untuk memperoleh akses ke dalam suatu sistem atau untuk menemukan informasi tentang sistem tersebut. Salah satu contohnya adalah usaha untuk login ke dalam sebuah account yang tidak digunakan. Probing ini dapat dianalogikan sebagai usaha untuk memasuki sebuah ruangan yang dengan mencoba-coba apakah pintunya terkunci apa tidak.

2. Scan
Scan adalah kegiatan probe dalam jumlah yang besar dengan menggunakan tool secara otomatis. Tool tersebut secara otomatis dapat mengetahui port-port yang terbuka pada host lokal maupun host remote, IP address yang aktif, bahkan bisa untuk mengetahui sistem operasi yang digunakan pada host yang dituju. Contoh tool scanner adalah NMAP yang akan dibahas pada bab XVI.

3. Account Compromise
Account compromise adalah penggunaan account sebuah komputer secara ilegal oleh seseorang yang bukan pemilik acoount tersebut. Account compromise dapat mengakibatkan korban mengalami kehilangan atau kerusakan data. Sebuah insiden account compromise dapat berakibat lebih lanjut, yaitu terjadinya insiden root compromise, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih besar.

4. Root Compromise
Root compromise mirip dengan accountcompromise, dengan perbedaan account yang digunakan secara ilegal adalah account yang mempunyai privilege sebagai administrator sistem. Istilah root diturunkan dari sebuah account pada sistem berbasis UNIX yang mempunyai privelege tidak terbatas. Penyusup yang berhasil melakukan root compromise dapat melakukan apa saja pada sistem yang menjadi korban, termasuk menjalankan program, mengubah kinerja sistem, dan menyembunyikan jejak penyusupan.

5. Packet Sniffer
Packet Sniffer adalah suatu device, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan untuk memperoleh informasi yang melewati jaringan komputer. Kegunaan dari packet sniffer adalah membuat NIC (Network Interface Card), contohnya Ethernet, dalam mode promiscuous sehingga dapat menangkap semua traffic dalam jaringan. Mode promiscuous adalah mode di mana semua workstation pada jaringan komputer “mendengar” semua traffic, tidak hanya traffic yang dialamatkan ke workstation itu sendiri. Jadi workstation pada mode promiscuous dapat “mendengarkan” traffic dalam jaringan yang dialamatkan kepada workstation lain.

Sebuah sniffer dapat berupa kombinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras. Keberadaan sniffer di dalam jaringan sangat sulit untuk dideteksi karena sniffer adalah program aplikasi yang sangat pasif dan tidak membangkitkan apa-apa, dengan kata lain tidak meninggalkan jejak pada sistem.

6. Denial Of Service (Dos)
Sumber daya jaringan yang berharga antara lain komputer dan database, serta pelayanan-pelayanan (service) yang disediakan oleh organisasi pemilik jaringan. Kebanyakan user jaringan memanfaatkan pelayanan-pelayanan tersebut agar pekerjaan mereka menjadi efisien. Bila pelayanan ini tidak dapat dipergunakan karena sebab-sebab tertentu, maka tentu saja akan menyebabkan kehilangan produktivitas.
Sulit untuk memperkirakan penyebab Denial Of Service. Berikut ini adalah contoh penyebab terjadinya Denial Of Service:
• Kemungkinan jaringan menjadi tidak berfungsi karena kebanjiran traffic.
• Kemungkinan ada virus yang menyebar dan menyebabkan sisten komputer menjadi lamban atau bahkan lumpuh.
• Kemungkinan device yang melindungi jaringan dirusak.

7. Eksploitasi Terhadap Kepercayaan
Seringkali komputer-komputer di dalam jaringan mempunyai hubungan kepercayaan antara satu dengan yang lain. Sebagai contoh, sebelum mengeksekusi perintah, komputer akan memeriksa suatu set dai file-file yang menspesifikasikan komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebutyang diizinkan untuk menggunakan perintah tersebut. Bila penyerang dapat membuat identitas merka tersamar sehingga seolah-olah sedang menggunakan komputer yang dipercayai, mka penyerang tersebutakan dapat memperoleh akses ke komputer lain secara ilegal.

8. Malicious Code
Malicious code adalah suatu program yang bila dieksekusi akan menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan di dalam user. User sistem biasanya tidak memperhatikan program ini hingga ditemukan kerusakan. Yang termasuk malicious code adalah trojan horse, virus, dan worm. Trojan horse dan virus biasanya disusupkan ke dalam suatu file atau program. Worm adalah program yang dapat menduplikasikan diri dan menyebar tanpa intervensi manusia setelah program tersebut dijalankan. Virus juga mempunyai kemungkinan untuk menduplikasikan diri namun biasanya memerlukan intervensi dari user komputer untuk menyebar ke program atau sistem yang lain. Malicious code ini dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan data yang serius.
Saya yakin, sebagai developer aplikasipun selayaknya kita harus tahu sedikit banyak tentang ilmu jaringan, khususnya keamanan jaringan. Mau atau tidak, disadari atau tidak, tren pengembangan aplikasi saat ini mengarah pada cloud computing. Jadi mengetahui keamanan jaringan komputer adalah wajib bagi praktisi IT.

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "INSIDEN KEAMANAN JARINGAN"

  1. Unknown says:
    8 Maret 2018 pukul 10.15

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar